Rabu, 10 Agustus 2011

Copy Paste Bukanlah Cara yang Baik untuk Belajar Menulis Blog!

Teman-teman semuanya, melanjutkan diskusi kita sebelumnya di sini, tulisan ini akan mencoba mengangkat – dan akan terus diangkat ke depannya – permasalahan etika dalam dunia blog khususnya, yaitu tentang copy paste.
Saya tidak akan berbicara banyak tentang kasus copy-paste ini, karena sudah banyak blogger yang sebelumnya telah bercerita tentang copy paste ini. Ini sedikit sekali yang tadi baru saya temukan lewat Google. Kasus yang lainnya pasti masih banyak sekali.

Kenapa saya menulis tentang kasus copy paste ini, padahal saya sendiri belum pernah punya pengalaman terkena langsung kasus copy paste ini? Coba lihat banner di sebelah kanan atas yang bertuliskan “page protected by copyscape” di blog-nya mas Riyogarta. Itu adalah Copyscape, sebuah mesin pencari yang bisa menemukan halaman website kita yang di-copy paste di Internet. Cuma di Internet? Ya iyalah, masa nyari halaman website kita yang di-copy di tukang fotokopian?
Page copy protected against web site content infringement by Copyscape
Silakan teman-teman buka halaman tersebut, dan silakan cari apakah blog teman-teman ada yang meng-copy paste.. Apabila teman-teman menemukan ada tulisan di blog teman-teman yang di-copy paste, apalagi tanpa menyertakan URL tulisan aslinya, langkah selanjutnya terserah teman-teman. Mau terkejut, menuntut, mengirim email, mengirim komentar di tulisannya yang meng-copy paste tulisan kita, dan sebagainya, itu terserah teman-teman ya..
Kenapa isu copy paste ini penting untuk terus diangkat? Jawabannya adalah karena blogosphere Indonesia baru masuk ke dalam tahap awal, dan ke depannya pasti akan berkembang lebih pesat lagi, baik itu dari segi kuantitas (jumlah blog dan blogger), maupun kualitas konten blog-nya. Walaupun (biasanya) blog yang isinya copy paste jarang di-update dan jarang pengunjungnya, tampaknya tidak bagus apabila jumlah blogger Indonesia telah melebihi angka 1 juta, namun banyak di antara isi blog-nya adalah hasil copy paste aja.
Saya nggak bisa menemukan alasan ‘kenapa nggak bagus kalo blog isinya copy-paste blog orang’, tapi satu hal yang pasti, kegiatan copy paste bukanlah sebuah good practice dalam memulai ngeBlog. Saya teringat kalimat dalam sebuah buku (sayang lupa bukunya), yang berbunyi seperti ini
Untuk bisa menulis dengan bagus, mulailah dengan menulis jelek. Untuk bisa menulis dengan jelek, mulailah dengan menulis!
Menulis itu sulit? Ah, tidak juga.. Ini dia link yang berhubungan tentang belajar menulis:
Jadi, kesimpulannya adalah, lebih baik kita memulai aktivitas ngeBlog kita dengan menulis sendiri tulisan kita. Ngerasa agak kurang bagus juga gapapa, toh asal konsisten terus menulis, lama-lama tulisan kita insya Allah semakin bagus juga. Tulisan bagus hasil karya sendiri itu jauh lebih baik dibandingkan tulisan jelek hasil copy paste, iya kan? =D
Ayo ngeBlog!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar